Pencarian Buku
 
Home Penerbitan Katalog Jasa Kontak
   
Artikel
Penulis Profesional, Menulis Dengan Hati
aaaaa
Formula Gaptek, 10 Jutaan Perbulan
Cara mengurus ISBN
Tujuh Manfaat Menulis Kreatif
Memilih Model Bisnis Online Yang Anda Suka
Jadi Penulis di Era Life Style Dot Com
Buku Indie Dalam Persaingan di Dunia Penerbitan

Cara mengurus ISBN

23 Nov 2016 | 21:46
Oleh :

Sumber : http://caramenulisnaskahbuku.blogspot.co.id/2014/08/cara-mengurus-isbn.html

ISBN (Internasional Standard Book Number) adalah standar penomoran Internasional untuk buku. Maksud penomoran tersebut yaitu untuk memudahkan pendistribusian dan berfungsi untuk pencirian buku secara Internasional. Nomor ISBN tersebut dibuat dengan menggunakan sistem komputer. ISBN berjumlah 13 digit dengan dilengkapi oleh barkod. Tetapi pada waktu dulu, ISBN itu hanya ada 10 digit sebagai indentitas untuk buku dan identitas negara. Nomor ISBN tersebut biasanya terletak di bagian cover buku halaman belakang. Jika Anda ingin melihat contoh ISBN, Anda bisa melihatnya di toko buku seperti di gramedia, gunung agung, dan di toko buku lainnya di kota Anda.

Di Indonesia yang berwenang mengeluarkan ISBN adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Bagaimana cara mengurusnya? Tentu sangat mudah yaitu untuk mengurus ISBNbiasanya disatukan dengan KDT (Katalog Dalam Terbitan). KDT itu sendiri berfungsi untuk pengklasifikasian/pengkategorian buku di toko buku, perpustakaan, maupun di tempat lainnya berdasarkan bidangnya. Untuk pengurushan ISBN tidak dibebankan baiaya apapun. Nah, untuk ketentuan dan persyaratannya bisa di cek di situ www.pnri.go.id.

PERSYARATAN PENGURUSAN ISBN

A. Anggota Baru
  1. Mengisi formulir surat pernyataan disertai dengan stempel penerbit dengan menunjukkan bukti legalitas penerbit atau lembaga yang bertanggung jawab (akta notaris);
  2. Membuat surat permohonan atas nama penerbit (berstempel) untuk buku yang akan diterbitkan.
  3. Mengirimkan fotokopi :?    
  4. a. Halaman judul?    b. Balik halaman judul (halaman copyright)?    c. Daftar isi?    d. Kata pengantar??B. Anggota Lama :?Hanya butir 2 dan 3 saja yang perlu dikirimkan kepada Tim ISBN/KDT.?Setelah buku diterbitkan, dimohon kesediaan penerbit untuk mengirimkan 2 (dua) eksemplar dari hasil terbitan tersebut.
Perhatikan persyaratan pada Butir A.1 bahwa penerbit  atau lembaga yang menerbitkan buku diwajibkan untuk memiliki legalitas badan usaha atau badan hukum dengan bukti fotokopi akta notaries. Dalam hal ini tentu penerbit-penerbit swakelola (self-publisher) yang tidak berbadan usaha atau berbadan hukum kini tidak dapat mengurus ISBN.

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah kopi halaman prelims buku, yaitu halaman judul penuh, halaman hak cipta, halaman daftar isi, dan halaman  kata pengantar berikut halaman prakata. Kepentingan halaman ini untuk menyusun katalog dalam terbitan (KDT) yang terkadang juga memerlukan informasi spesifikasi buku, yaitu ukuran buku dan tebal buku. Selain itu, penerbit juga perlu menginformasikan jumlah terbitan tiap tahunnya sehingga Perpusnas RI dapat mempertimbangkan pemberian nomor ISBN yang panjang dalam urutan produksi buku.



   
 
DiandraCreative.com
Online Self Publishing
Jl. Kenanga, Sambilegi No. 164
Maguwoharjo, Depok, Sleman
Telp : (0274) 433-2233
Fax : (0274) 485-222
SMS / WA : 085728253141, 081578853749, 089633188303
BBM : 7E89B325, 5A620F02, 588B2D1B
Email : diandracreative@yahoo.com
info@diandracreative.com