Alasan Penulis Harus Aktif Media Sosial

Alasan Penulis Harus Aktif Media Sosial

Di era serba digital seperti saat ini, hampir semua orang di dunia pasti memiliki medsos atau media sosial. Salah satu alasan penulis harus aktif di media sosial adalah memudahkan penulis untuk mempromosikan karyanya kepada khalayak.

Apalagi bagi penulis yang masih pemula, media sosial bisa menjadi sarana untuk membangun ‘nama’ karena semakin populer namamu, maka buku-buku karyamu juga semakin laris di pasaran. Nah, biar kamu makin paham alasan kenapa harus aktif di media sosial, yuk simak ulasan berikut ini!

Alasan Penulis Harus Aktif di Media Sosial

Alasan Penulis Harus Aktif Media Sosial

1.   Sumber Inspirasi

Alasan pertama adalah ada banyak inspirasi yang bisa kamu dapatkan di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter. Dengan aktif di media sosial, kamu tidak akan pernah kehabisan ide untuk menulis.

Beberapa sumber inspirasi dari media sosial misalnya posting-an quotes para penulis populer, foto atau video inspiratif, atau tulisan microblog dari penulis lain. Nah, kamu sendiri juga bisa mem-posting kutipan menarik dari buku karyamu sebagai sarana promosi untuk menarik minat pembaca, lho.

Strategi Promosi Buku Dijamin Laris Manis

Alasan Penulis Harus Aktif Media Sosial

2.   Sarana Analisis Pasar

Alasan lain yaitu bisa menganalisis pasar. Sebagai seorang penulis milenial, kamu harus peka terhadap hal-hal yang disukai oleh target pasarmu. Tulislah karya-karya yang menarik dan tidak membosankan agar bukumu banyak diminati dan dapat bersaing dengan penulis lainnya.

3.   Media Promosi yang Gratis

Alasan terpenting adalah media sosial bisa menjadi sarana promosi yang efektif dan pastinya gratis. Kamu bisa membangun ‘nama’ alias branding produk tulisanmu melalui platform Instagram, Facebook, atau Twitter.

Rajinlah mem-posting foto atau kutipan yang berkaitan dengan karyamu ke media sosial yang kamu miliki agar followers-mu penasaran dan tertarik membeli buku yang kamu tulis. Cara ini sangat efektif untuk membuat karyamu dikenal banyak orang.

Dari penjelasan di atas, kamu jadi tahu dan paham alasan kamu wajib aktif di media sosial, bukan? Agar karya-karyamu makin dikenal banyak orang, terbitkan bukumu sekarang juga di Penerbit Diandra, yuk! (Redaksi)