Cara Jitu Birokrasi Sukses Melayani

Judul: Cara Jitu Birokrasi Sukses Melayani

Penulis: Nailul Hisan, S.E., M.M. dan Leonarda Sambas Kusumaningsih, S.Sos., M.A.P.

Ukuran: 15,5 x 23 sentimeter

Jumlah Halaman: 200

ISBN: 978-623-7800-66-8

 

Sinopsis

Pelayanan publik yang diberikan oleh instansi pemerintah sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pelayanan yang baik oleh lembaga pemberi layanan sangat diharapkan oleh masyarakat. Untuk memenuhi harapan masyarakat tersebut, lembaga pemberi layanan berlomba-lomba memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Berbagai cara telah dilakukan untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Begitu juga dengan instansi pemerintah. Tentunya, pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah diharapkan dari waktu ke waktu dapat lebih baik.

Buku ini disusun untuk membantu PNS/petugas pelayanan agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas, informasi-informasi yang transparan dalam sebuah proses pelayanan, dan mengetahui apa yang dibutuhkan stakeholder. Pembuatan buku ini dilatarbelakangi oleh kondisi pelayanan yang dialami oleh penulis saat memperoleh pelayanan dari suatu instansi pemerintah maupun dari salah perusahaan di bawah BUMN.

Buku ini berusaha mengupas tuntas bagaimana birokrasi dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ada pembahasan mengenai konsep pelayanan publik, keterampilan yang harus dimiliki oleh petugas pemberi layanan, menerapkan komunikasi dalam pelayanan, birokrasi yang mempunyai budaya melayani, menumbuhkan kesadaran memberi pelayanan prima kepada pelanggan, sikap yang perlu ditunjukkan oleh petugas yang memberi layanan, standar pelayanan agar dapat memberi kualitas layanan yang baik, best practice instansi yang memberi pelayanan terbaik, cara menghadapi konflik yang terjadi pada saat proses pelayanan, dan mengenal karakter orang yang dilayani.