Dana Penelitian di Indonesia dalam Angka

Salah satu cara untuk mendorong pengembangan IPTEK adalah melalui penelitian yang memerlukan dana yang cukup besar. Namun, kenyataannya, anggaran untuk penelitian di Indonesia masih terbilang kecil dibandingkan dengan negara-negara maju.

Dana Penelitian di Indonesia dalam Angka

Menurut data Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN), anggaran penelitian Indonesia pada 2020 mencapai Rp27,6 triliun atau sekitar 0,08% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Angka ini jauh di bawah rata-rata global yang sebesar 1,7%.

Jika dibandingkan dengan negara-negara maju, seperti Jepang dan Amerika Serikat, angka tersebut sangat rendah. Di tahun yang sama (2020), Jepang mengalokasikan sekitar 3,2% dari PDB-nya untuk penelitian dan pengembangan. Negara lainnya, Amerika Serikat, mengalokasikan sekitar 2,8%. Bahkan negara-negara berkembang lainnya, seperti Brasil dan Korea Selatan mengalokasikan sekitar 1,2% dan 4,5% dari PDB-nya. Angka-angka tersebut jauh lebih tinggi dari Indonesia.

Dalam konteks perbandingan dana penelitian antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN, data dari ASEAN Science, Technology and Innovation (STI) Outlook 2021 menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat keempat dalam hal pengeluaran penelitian dan pengembangan di antara negara-negara ASEAN.  Indonesia berada di bawah Singapura, Thailand, dan Malaysia. Ketika Indonesia mengalokasikan sekitar 0,08% dari PDB-nya, Singapura mengalokasikan sekitar 2,23%, Thailand sekitar 0,78%, dan Malaysia sekitar 1,30%.

Data dari ASEAN STI Outlook 2021 juga menunjukkan bahwa Indonesia memiliki Indeks Inovasi sebesar 30,49 yang menempatkannya pada peringkat ke-8 dari 10 negara ASEAN yang dilaporkan. Singapura dan Malaysia menempati peringkat pertama dan kedua dengan Indeks Inovasi sebesar 69,78 dan 35,67. Sedangkan Thailand menempati peringkat keempat dengan Indeks Inovasi sebesar 32,10.

Angka-angka di atas menunjukkan bahwa, tampaknya, penelitian masih belum menjadi prioritas bagi pemerintah kita atau bahkan bagi mayoritas anggota masyarakat Indonesia sendiri.

 

Penulis: Qoida

Editor: Redaksi

Gambar: https://pixabay.com/illustrations/science-technology-education-1182713/

***

Kamu bisa menghubungi kami di WA: 0815 4814 3787 jika ingin menerbitkan naskahmu.

Cek jenis penerbitan kami di: https://diandracreative.com/terbitkan-bukumu/