4 Cara Sederhana Agar Nyaman Membaca Ebook

Kenyamanan membaca menjadi faktor penting yang memengaruhi ketahanan seseorang untuk menuntaskan naskah yang dibacanya. Survei sederhana yang Diandra lakukan melalui media instagram kami dengan pertanyaan, “Mengapa kamu memilih buku cetak daripada buku elektronik?” menunjukkan bahwa salah satu keunggulan buku fisik adalah rendahnya keluhan kelelahan mata saat membaca.

Berbeda halnya dengan membaca ebook. Berbagai keluhan, seperti rasa pedih dan pegal di mata; mata kering ataupun mata berair;  jamak dijumpai sehingga membuat mata tidak kuat menatap layar terlalu lama. Hal ini dikarenakan adanya radiasi dari layar gudget/perangkat elektronik yang digunakan, seperti handphone atau smartphone, tablet, hingga laptop. Bukan hanya itu, kondisi eksternal lainnya pun kerap mengurangi kenyamanan aktivitas membaca ebook.

Dengan beberapa alasan di atas, kami mencoba merangkum empat tips atau cara sederhana agar aktivitas membaca ebook Anda menjadi nyaman. Dan tentunya, ini akan memberikan pengalaman berbeda ketika membaca ebook. Berikut ini adalah penjabarannya.

Empat cara sederhana agar nyaman membaca ebook.

  1. Gunakan Ebook Reader
    Jika Anda belum menginstal ebook reader maka ada ada baiknya Anda memasangnya di berbagai perangkat elektronik Anda. Beberapa aplikasi dari ebook reader adalah Kindle, Kobo, Nook, hingga Sony. Aplikasi ini akan mengubah warna layar menjadi menyerupai seperti kertas sehingga mata Anda akan lebih nyaman membaca ebook, dan tidak selalu menatap layar putih yang membuat mata lelah.
  2. Pakai perangkat yang berbeda
    Salah satu tantangan membaca ebook dengan perangkat elektronik adalah mudahnya kita terdistraksi dengan berbagai hal lain. Ketika kita menggunakan perangkat elektronik yang biasa kita gunakan, maka kita akan mudah terdistraksi dengan berbagai notifikasi.
    Untuk mengatasi solusi tersebut, Anda dapat menggunakan perangkat yang berbeda. Jika Anda biasa memakai smartphone, mungkin Anda dapat menggunakan tablet Anda. Namun, jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengaktifkan fitur mode pesawat agar Anda tidak mudah terdistraksi.
  3. Gunakan holder
    Bisa jadi, mata Anda tahan berlama-lama menatap layar untuk membaca ebook. Namun, mungkin tangan Anda pegal karena terus-menerus memegang perangkat elektronik.
    Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan holder. Holder berfungsi untuk menahan dan memasang perangkat elektronik Anda sehingga Anda tidak perlu memegang terus-menerus perangkat tersebut.
    Ketimbang membeli perangkat baru untuk khusus membaca ebook, membeli holder adalah salah satu alternatif yang sangat jenius yang dapat Anda lakukan. Itu dikarenakan holder tidak memiliki harga yang mahal.
    Anda dapat membeli holder di toko perangkat elektronik terdekat, atau melalui berbagai marketplace yang ada.
  4. Invert warna layar Anda
    Jika beberapa tips di atas mungkin sulit untuk Anda lakukan, alternatif lain yang dapat membuat Anda nyaman membaca ebook adalah mengubah warna layar Anda.
    Apabila biasanya layar Anda berwarna putih, Anda dapat mengubahnya menjadi mode gelap, atau berwarna kuning sebagaimana buku yang biasa dibaca. Tentunya, ini akan membuat Anda lebih nyaman membaca ebook dalam waktu yang lama.

Itulah 4 cara sederhana untuk dapat menikmati ebook dengan nyaman. Menatap layar elektronik terlalu lama memang akan menimbulkan berbagai penyakit. Jangan lupa untuk mengambil jeda istirahat di tengah aktivitas membaca Anda. Semoga tips ini bisa bermanfaat. (Redaksi)