Kertas Kuitansi, Kertas NCR

Mengenal Kertas Kuitansi, Kertas NCR

Dalam operasional bisnis, kuitansi menjadi salah satu hal yang sangat penting. Perlengkapan kerja satu ini dibutuhkan sebagai alat bukti transaksi keuangan. Kertas kuitansi pun hadir dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk yang sangat sederhana (seperti yang dijual di toko-toko kelontong dekat rumah) hingga yang dicetak secara custom berlogo perusahaan.

Dari sekian banyak bentuk kuitansi, Sahabat tentu sudah tidak asing dengan kuitansi yang berupa beberapa lembaran kertas berbeda warna dalam satu bundelnya. Dengan kuitansi jenis ini, pengguna dapat menulis langsung untuk dua kertas–atau bahkan untuk beberapa lapis dengan warna yang berbeda–tanpa perlu melapisinya dengan kertas karbon.

Kertas berbeda warna tersebut dikenal sebagai kertas NCR. Sesuai namanya, no carbon required, NCR adalah kertas khusus yang dapat tembus warna tanpa menggunakan karbon. Kertas ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  1. Tidak membuat noda
    Kertas karbon biasanya membuat noda hitam pada tangan. Jadi, ketika menulis di atasnya, tangan kita akan terkena bercak hitam, seperti memegang arang. Dengan menggunakan kertas NCR maka kita tidak perlu khawatir pada noda hitam pada tangan.
  2. Tidak akan hilang dan praktis
    Jika kertas karbon adalah kertas yang lepas-pasang maka kertas NCR merupakan nota itu sendiri. Jadi, jika kita menjadikannya sebuah formulir atau kuitansi yang telah dijilid, kertas NCR tidak akan hilang.

    Inilah alasan utama para pelaku usaha atau bisnis memilih kertas NCR sebagai kertas kuitansi atau nota mereka. Karena mereka tidak perlu lagi sibuk mencari nota atau kuitansi yang hilang atau terselip. Dalam artian lain, kertas NCR lebih praktis.

  3. Tidak perlu disesuaikan dengan kertas utama
    Ketika kertas karbon masih banyak dipakai, orang-orang yang memakai kertas karbon harus menyesuaikannya dengan kertas utama. Dengan kertas NCR maka kita tidak perlu lagi melakukan penyesuaian seperti ketika menggunakan kertas karbon karena kertas NCR akan dijilid sebagai satu kesatuan.
  4. Tulisan jauh lebih detail
    Kelebihan lain dari kertas NCR adalah tulisan yang ada akan terlihat lebih jelas dan detail. Selain mempermudah proses administrasi, hal ini akan lebih terlihat mahal dan pantas untuk digunakan sebagai nota dan kuitansi. Meskipun dalam penggunaannya kita harus menekan saat menulis agar tulisan dapat tercetak jelas pada lapisan-lapisan berikutnya.

Itulah berbagai kelebihan dari kertas NCR yang biasanya digunakan sebagai kertas kuitansi atau nota. Kertas NCR dapat dibeli di toko kertas atau dapat juga dipesan melalui percetakan jika menghendaki desain custom. Kertas NCR juga dapat dibeli secara online di berbagai marketplace yang ada. Anda juga dapat sekaligus memesan desain nota atau kuitansi sesuai dengan kebutuhan sehingga Anda tidak perlu repot-repot ke percetakan. (Redaksi)

 

***

Sumber gambar: https://pixabay.com/id/photos/kalkulator-membayar-kuitansi-453792/

 

Kamu bisa menghubungi kami di WA: 0815 4814 3787 jika ingin menerbitkan naskahmu.

Cek jenis penerbitan kami dengan mengunduh booklet kami di https://drive.google.com/file/d/1aRtjRuGZKrrYi9gxp-AddMmPsZHkCSp2/view?usp=sharing atau kunjungi web kami di: https://diandracreative.com/terbitkan-bukumu/