Keuntungan Menggunakan Self Publishing

Banyak yang sering bertanya, “Apa sih keuntungan menggunakan penerbitan indie atau self publishing?”. Yuk, simak berbagai keuntungan yang akan kalian peroleh jika menerbitkan naskah  secara indie.

1.Tidak Ada Penolakan Naskah

Keuntungan yang pertama ini sudah pasti terjadi. Kenapa? Karena tidak ada seleksi naskah dan penulis dengan mandiri menerbitkan sendiri naskahnya di penerbit yang dipilih. Naskahnya sudah pasti akan terbit.

2.Penulis Memegang Kendali Segala Proses Penerbitan Hingga Pemasaran Bukunya

Penulis berhak dan bertanggung jawab penuh atas penerbitan bukunya. Penulis yang tidak bisa melakukan proses pracetak (editing, proof, layout, dan desain cover) sendiri, bisa menyerahkannya ke penerbit dengan konsep dari penulis. Penulis yang menggandeng penerbit bisa mendiskusikan waktu penerbitan dan pemasaran bukunya bersama penerbitnya.

3.Biaya Lebih Murah

Biaya untuk penerbitan buku indie atau self publishing jelas lebih murah. Penulis yang sudah mengerjakan seluruh proses pracetak, hanya perlu membayar biaya cetak. Penulis bisa menyesuaikan jumlah buku yang akan dicetak dengan budget di kantong. Penulis yang menggunakan layanan pracetak di penerbit juga tidak perlu khawatir karena sudah banyak penerbit indie yang menawarkan layanan self publishing dengan harga ekonomis. Trik lain yang bisa dilakukan penulis agar biaya semakin murah adalah dengan membuka pre order sebelum atau saat buku sedang dicetak. Dana yang terkumpul bisa digunakan untuk menambah biaya percetakan.

4.Tidak Ada Batas Waktu Pemasaran Buku

Pemasaran dan penjualan buku indie tidak ada batasnya. Selama bukunya masih terjual laris, penulis masih bisa mencetak buku dalam jumlah yang tidak terbatas.

5.Penulis Bisa Mengambil Keuntungan 100%

Pemasaran dan penjualan buku bisa dilakukan sendiri oleh penulis. Secara otomatis, seluruh keuntungan penjualan 100% diterima penulis. Tapi, penulis juga bisa bekerja sama dengan penerbit untuk urusan penjualan buku. Keuntungan akan didiskusikan bersama dengan penerbit.

6.Belajar Banyak Proses

Penerbitan indie memberi peluang bagi para penulis yang ingin belajar proses sebuah naskah menjadi buku hingga laku terjual. Selain sebagai penulis naskah, bisa juga menjadi editor, desainer, layouter, dan bahkan marketing bagi buku sendiri. Menyenangkan bukan? (Redaksi)