Konversi Naskah Penelitian Menjadi Buku

Konversi naskah ilmiah menjadi naskah populer semakin banyak diminati.

Menurut data dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, pada 2020 terdapat sekitar 10.000 buku hasil penelitian yang diterbitkan oleh perguruan tinggi dan lembaga penelitian di Indonesia. Upaya memublikasikan karya ilmiah ini merupakan salah satu cara untuk menjadikan hasil penelitian tidak “sekadar” berdebu di tumpukan naskah hasil riset lembaga.

Namun, menyajikan karya ilmiah menjadi karya populer yang lebih ringan dan mudah dipahami oleh masyarakat umum, tentu memerlukan perlakuan naskah secara khusus. Perlakuan naskah inilah yang jamak dikenal dengan istilah konversi naskah. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan peneliti yang ingin mengonversi naskah ilmiahnya menjadi naskah populer atau buku?

Berikut ini adalah beberapa tahap yang akan dilakukan untuk melakukan konversi naskah penelitian ilmiah menjadi naskah populer dan menerbitkannya:

Persiapan

1. Kelengkapan Naskah

Untuk tahap persiapan, pastikan bahwa naskah hasil penelitian lengkap dan terstruktur dengan struktur yang jelas dan mudah dipahami. Selain itu, pastikan bahwa naskah penelitian sudah melalui proses revisi dan penyuntingan yang matang sehingga semua informasi yang ada di dalamnya dapat dipertanggungjawabkan secara materiel maupun moral.

2. Pilih Penerbit yang Tepat

Pilihlah penerbit yang tepat dan memiliki reputasi yang baik. Pastikan bahwa penerbit tersebut memiliki pengalaman dalam mengerjakan konversi naskah-naskah ilmiah serta memiliki jaringan distribusi yang luas.

3. Sesuaikan Format Naskah dengan Persyaratan Penerbit

Setiap penerbit memiliki persyaratan format naskah yang berbeda-beda. Pastikan untuk menyesuaikan format naskah dengan persyaratan penerbit agar naskah dapat diterima dan diproses dengan cepat.

Tahap Pengerjaan Konversi

1. Penyuntingan dan Revisi Ulang

Pada tahap ini, naskah dalam format karya tulis ilmiah, akan diubah ke dalam format naskah buku populer. Pembagian pembahasan per bab, seperti “Pendahuluan”, “Landasan Teori”, “Metode Penelitian”, “Pembahasan”, “Evaluasi” yang terdapat dalam naskah ilmiah, akan dilebur menjadi satu naskah utuh, baik dengan penghapusan beberapa bagian ataupun penambahan konteks. Perubahan juga akan dilakukan dengan memberikan judul baru pada masing-masing bab hasil peleburan naskah.

2. Penentuan Judul Buku

Judul naskah penelitian cenderung tidak menarik karena menggunakan kata yang sangat baku serta tidak jarang menunjukkan metode penelitian yang digunakannya, seperti: “Pengaruh Pembelajaran Matematika Melalui Media Animasi Macromedia Flash pada Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri Indonesia”. Oleh karena itu, judul tersebut perlu diganti agar lebih menarik ketika diterbitkan kembali dalam bentuk buku ilmiah populer.

3. Pengaturan Tata Letak Buku

Naskah yang sudah selesai disunting, akan diatur tata letaknya agar pembaca merasa nyaman ketika membaca buku tersebut. Tak hanya tata letak yang perlu diperhatikan dalam tahap ini, tetapi juga jenis dan ukuran huruf yang digunakan dalam cetakan naskah.

4. Pembuatan Desain Kover

Desain kover tidak bisa dilepaskan dari penerbitan sebuah karya buku. Desain yang tepat dan menarik akan menjadi daya tarik pertama bagi pembaca untuk membeli/membaca sebuah buku.

5. Pembuatan Sinopsis dan Kata Pengantar yang Menarik

Sinopsis dan kata pengantar dapat menjadi daya tarik bagi pembaca untuk membaca buku. Buatlah sinopsis dan kata pengantar yang menarik dan menggugah minat pembaca untuk membaca buku.

 

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan dalam konversi naskah penelitian ilmiah menjadi buku populer. Dibutuhkan persiapan yang matang dan beberapa tahapan yang dilakukan dengan teliti dan cermat agar naskah yang diolah dari hasil penelitian dapat menyajikan hal baru hasil temuan dengan cara yang asyik. 

 

 

Penulis: Dyah dan Qoida

Editor: Redaksi

Gambar: https://pixabay.com/photos/type-typewriter-font-writing-1161952/

***

Kamu bisa menghubungi kami di WA: 0815 4814 3787 jika ingin menerbitkan naskahmu.

Cek jenis penerbitan kami di: https://diandracreative.com/terbitkan-bukumu/