5 Manfaat Membaca Buku Yang Perlu Anda Ketahui

Ungkapan bahwa buku adalah jendela dunia rasanya sangat klasik kalau kita aplikasikan hari ini. Teknologi yang semakin canggih membuat ilmu pengetahuan bisa kita dapat dari berbagai media. Tidak harus melalui buku. Tapi, tahu gak sih kalau membaca buku memiliki manfaatnya tersendiri. Beberapa manfaat pentingnya yaitu sebagai berikut.

1. Melatih Daya Analisis Otak

Saat membaca buku kita pasti dihadapkan dengan sebuah informasi, cerita, maupun kejadian tertentu. Di saat membaca itulah otak kita secara otomatis diharuskan untuk menganalisis makna atau pesan dari buku yang dibaca. Daya analisis kita diuji seiring dengan kata demi kata yang ingin kita pahami. Semakin sering membaca, maka daya analisis otak kita semakin terasah.

2. Menambah Perbendaharaan Kosa Kata

Kosa kata di dunia ini banyak sekali. Baik kosa kata bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Melalui membaca kita bisa menambah perbendaharaan kosa kata baru di memori otak. Saat membaca buku kita akan menemukan kosa kata baru dan penasaran mencari tahu artinya. Di proses inilah kosa kata setiap pembaca otomatis bertambah. Penambahan kosa kata baru akan sangat membantu kita saat berbicara di depan publik. Kita tidak akan kesulitan mengutarakan hal yang ingin disampaikan karena memiliki banyak kosa kata.

3. Memperluas Wawasan dan Menambah Pengetahuan

Hari ini kita sering sekali menemui orang yang melihat sebuah persoalan dari sudut pandang yang sangat sempit. Hal seperti itu bisa jadi terjadi karena sempitnya wawasan dan kurangnya pengetahuan yang dimiliki. Nah, melalui membaca wawasan kita terkait hal apa pun akan bertambah. Pengetahuan baru juga akan didapatkan. Namun, tentunya juga bergantung pada banyaknya jenis buku yang dibaca. Olehnya itu, perbanyak saja macam buku yang dibaca. Dengan demikian, wawasan akan semakin bertambah dan luas. Tapi, mulailah saja dulu dengan jenis buku yang Anda sukai.

4. Mengurangi Stres

Banyak yang berpikir bahwa membaca buku membuat otak menjadi suntuk, bahkan sering kali membuat mengantuk.Tapi, tahu gak kalau membaca buku dapat mengurangi bahkan meredakan rasa stres? Bila stres melanda, cobalah membaca buku fiksi dengan tema-tema yang menyenangkan dan bisa membuat perasaan Anda menjadi lebih tenang. Membaca buku fiksi ada keuntungannya sendiri. Anda seperti sedang jalan-jalan ke berbagai lokasi yang diceritakan di dalam buku. Atau, Anda bisa membaca buku-buku motivasi yang bisa membantu memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Menyenangkan bukan? Tapi, ingat bahwa Anda harus menghindari tema-tema yang justru semakin memicu stres.

5. Sumber Ide bagi Penulis

Setiap penulis semestinya menjadikan buku sebagai pacarnya. Penulis yang produktif pasti akan selalu haus akan ide. Nah, membaca buku adalah pintu untuk menemukan ide-ide baru yang bisa dikembangkan oleh penulis. Para penulis juga bisa belajar cara membuat alur dan mengembangkan topik dari buku-buku yang dibacanya. Para penulis besar pasti memiliki beberapa buku best seller yang dijadikannya sebagai sumber inspirasi atau bahkan patokan untuk berkarya.

Selain kelima manfaat di atas, masih ada banyak manfaat dari membaca buku. Semakin sering Anda membaca, maka semakin banyak pula manfaat yang didapatkan. (Redaksi)