Membuat Plot Cerita yang Menarik Pembaca

Membuat Plot Cerita yang Menarik Pembaca

Apa itu Plot?
Menurut Cellia Waren, plot merupakan sebutan dari peristiwa yang mengandung sebab akibat atau sebaliknya. Sebagai seorang penulis, kamu harus tahu bahwa tak hanya tokoh dan diksi bagus yang membuat cerita itu menarik. Justru alur cerita menjadi faktor besar untuk menentukan karya tersebut menarik atau membosankan. Lalu, bagaimana cara membuat alur cerita yang menarik?

4 Cara Membuat Plot Cerita Menarik yang Bikin Pembaca Betah

1. Berpikir Out of The Box

Kamu pasti banyak mendengar bahwa alur cerita biasa terdiri dari pengenalan > konflik > klimaks > antiklimaks > penutup. Namun, bayangkan saja jika semua cerpen atau novel memiliki gaya alur yang sama seperti itu, betapa membosankan bukan? Oleh karenanya, cobalah untuk berpikir di luar mekanisme tersebut, dan mulai mencoba hal-hal baru. Sebagai contohnya, kamu bisa menaruh antiklimaks di depan, diikuti dengan pengenalan tokoh dan sebagainya.

2. Terus Buat Pembaca Penasaran

Para pembaca biasanya akan bosan jika alur yang dibuat mudah ditebak. Oleh karena itu, penulis harus pintar-pintar membuat pembaca penasaran. Tidak perlu memberikan terlalu banyak informasi di awal, simpan informasi tersebut sampai berada di waktu yang tepat untuk menyampaikannya.

3. Bubuhkan Plot Twist

Jika informasi atau kejadian tersebut sangat penting hingga bisa mengubah cara pandang pembaca terhadap suatu tokoh, kamu bisa menjadikannya sebagai plot twist. Namun, membuat plot twist tidak semudah yang dibayangkan. Kamu harus memperhatikan beberapa aspek agar kejutan kecilmu berhasil! Sederhananya, buat pembaca percaya akan kisahmu saat ini, hingga akhirnya kamu membubuhkan plot twist yang bikin mereka menganga!

4. Jangan Abaikan Sisi Logika

Walaupun kisah yang kamu tulis merupakan fiksi, tetap saja kamu tidak boleh mengabaikan logika. Hindari cerita yang memiliki kesan “too good to be true“. Pembaca biasanya akan lebih terikat pada cerita yang relate dengan mereka. Kalaupun kamu ingin membuat suatu keajaiban atau keberuntungan pada suatu tokoh, tetaplah memperhatikan logika.

Nah, itulah beberapa cara agar plot cerita yang kamu buat lebih menarik. Jika kamu ingin memperbanyak pengetahuan tentang plot-plot seru, jangan lupa perbanyak baca novel atau nonton film, ya. Dapatkan inspirasi kamu dari mana, aja! (Redaksi)

Mau Terbitkan Bukumu?

WhatsApp Redaksi: 0857-1337-8429