Perbedaan Laminasi Kover Doff dan Glossy

Perbedaan Laminasi Kover Doff dan Glossy

Pada setiap kover buku, kamu pasti memperhatikan permukaannya yang memiliki efek mengkilap dan sedikit buram. Apa yang membuat permukaan kover bisa memiliki penampilan seperti itu? Jawabannya adalah dengan teknik laminasi. Laminasi pada kover buku bertujuan untuk membuat penampilan supaya lebih menarik. Selain itu, laminasi juga membuat warna tidak cepat luntur sehingga lebih awet.

Di dunia percetakan, ada dua jenis teknik laminasi yang paling populer yakni laminasi kover doff dan glossy. Lalu, apakah perbedaan di antara keduanya? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Perbedaan Kover Doff dan Glossy yang Harus Kamu Tahu

Laminasi Kover Doff

Kover yang dilaminasi teknik doff memiliki tampilan yang agak buram, tidak terlihat mengkilap dan terkesan biasa saja. Namun, kelebihan laminasi doff adalah gambar pada kover lebih tahan lama. Apalagi, jika sering dipegang, lapisan doff membuat sidik jari tidak akan menempel pada laminasi.

Meskipun laminasi ini tidak mengkilap, tetapi hasilnya tetap bagus dan memberikan nuansa klasik. Selain pada kover buku, biasanya laminasi doff juga digunakan untuk cetak kartu nama dan undangan karena bisa menambah kesan mewah dan eksklusif.

Laminasi Glossy
Sesuai namanya, kover yang dilaminasi teknik glossy akan memiliki tampilan mengkilau. Ciri-ciri kover glossy adalah permukaannya terasa licin, dan apabila disentuh dengan jari tangan, maka sidik jari akan menempel pada permukaan kover.

Umumnya, percetakan selalu menggunakan jenis laminasi ini. Terlebih untuk kover buku, poster, undangan, kartu nama, dan yang lainnya. Laminasi glossy menghasilkan kesan yang mewah sehingga lebih menarik mata.

Yuk Terbitkan Karyamu, Cetak Buku Offset

Kelebihan dan Kekurangan Laminasi Kover Glossy dan Doff

1. Penggunaan laminasi doff lebih ampuh menahan risiko goresan, sedangkan glossy apabila terkena goresan, bekasnya akan Nampak.

2. Karena efek buram, kover yang akan dilaminasi doff harus memiliki warna yang tepat. Berbeda dengan glossy yang cocok dengan warna apa saja.

Untuk kamu yang ingin memilih laminasi yang cocok, tetap konsultasikan dengan pihak percetakan, ya karena mereka sudah berpengalaman dan tahu mana yang terbaik. Semoga informasi ini membantu! (Redaksi)

 

Sumber foto utama: https://solusiprinting.com/perbedaan-laminasi-doff-dan-laminasi-glossy/amp/

 

Terbitkan Karyamu, Cetak Buku Offset