Dasar-dasar Ilmu Manajemen

Rp80.000,00

Istilah Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yaitu seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini mempunyai arti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Deskripsi

 

Pendekatan modern dilakukan berdasarkan hal – hal yang sifatnya situasional, yang mana dalam pengambilan keputusan disesuaikan dengan situasi yang dihadapi dengan memperhatikan kondisi lingkungan yang ada. Dalam teori modern mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu sistem tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil, tetapi organisasi adalah suatu sistem terbuka yang harus menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungannya.

Dalam kehidupan sehari-hari manusia senantiasa melakukan berbagai berbagai aktifitas baik fisik maupun non fisik guna memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya secara maksimal. Salah satu aktifitas itu ditujukan sebagai sebuah proses untuk menyelesaikan pekerjaaan yang diakhiri dengan sebuah hasil yang dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Teori Manajemen Modern ini dimulai dengan teori klasik,neo-klasik,dan sampai dengan saat ini muncul manajemen modern. Teori ini cukup bagus di terapkan pada perusahaan-perusahaan yang sedang hidup di zaman globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat. Namun teori ini mempunyai kelemahan dari segi penggunaan tenaga kerja manusia mulai sedikit demi sedikit ditinggalkan dan berpindah ke penggunaan teknologi digital dan sebagainya. Oleh karna itu banyak perusahaan yang menggabungkan teori klasik,neo-klasik,dengan modern, untuk mencapai kepuasan bagi organisasi dan perusahaan.

Spesifikasi

Berat 300 g
Penulis

Penerbit

Genre

Ukuran

Kertas

Jumlah Halaman

332

Tanggal Terbit

November 2018