KEKUASAAN LEGISLATIF MAHASISWA Dalam Sistem Pemerintahan Mahasiswa

Rp45.000,00

Deskripsi

Kampus dengan segala unsur yang ada didalamnya menjadi salah satu lembaga yang mempunyai tempat dimasyarakat. Banyak para pemimpin negeri-negeri didunia lahir dari suatu kampus. Tidak berlebihan kalau kampus merupakan kawah candradimukanya calon penerus bangsa tersebut. Sehingga amatlah wajar bila mahasiswa, salah satu unsur terpenting kampus menjadikannya sebagai miniatur Negara. Dengan sebutan student governments (pemerintahan mahasiswa) elemen mahasiswa berusahan mengatur diri dan warganya layaknya pemimpin-pemimpin kecil dalam suatu Negara.
Perangkat ketatanegaraan pun dibentuk sedemikian rupa layaknya sebuah negara, diantaranya lembaga eksekutif yang berwujud Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Lembaga Legislatif yang diperankan oleh Lembaga Perwakilam Mahasiswa serta perwujudan dari sebuah permusyawaratan rakyat juga terdapat Lembaga Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) yang berdiri menjalankan roda pemerintahan mahasiswa.
Sebagai miniatur Negara, Lembaga Legislatif Mahasiswa hadir ditengah-tengah sistem yang berfungsi dan bekerja layaknya DPR RI dalam sistem pemerintahan Indonesia yang bisa dibilang serupa tapi tak sama. Kehadirannya dikancah perpolitikan kampus memberikan warna tersendiri dalam pemerintahan mahasiswa. Meski tidak setenar eksekutif, lembaga legislatif mahasiswa memiliki peran penting dibalik layar sebagai produsen undang-undang serta beberapa fungsi lainnya. Banyak lika-liku dan problematika Lembaga Legislatif dalam roda pemerintahaannya. Semua akan dikupas dalam buku ini.

Spesifikasi

Berat 200 g
Penulis

Penerbit

Genre

Ukuran

Kertas

Jumlah Halaman

bw 146 hlm

Versi Ebook

Tanggal Terbit

Oktober 2018

ISBN